Cara Melindungi Data Di Jaringan Komputer

Cara mengamankan data Penting Di dalam Jaringan komputer

Melindungi data adalah suatu hal yang sangat penting bisa saja data yang sifatnya rahasia dicuri oleh orang yang tidak berkepentingan bahkan orang yang sengaja dan berniat untuk mencuri data pribadi kita oleh karena itu sebelum itu terjadi ada baiknya kita lakukan pencegahan untuk melindungi data kita. 

Prisipnya yaitu semakin aman maka kita akan semakin tidak nyaman karena sebentar-sebentar minta password atau harus upload,enkripsi dan lain-lain

bagaimanakah cara mengamankan data dari proses pencurian dijaringan simak cara-cara dan tekniknya disini saya membuat 12 cara mengamankan file dan data didalam jaringan komputer.

1. Back up data


Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

2. Enkripsi data


Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan datasedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia

3.  Gunakan VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.


4. Buat Password Aman


Password adalah kode rahasia, kata sandi yang merupakan kunci untuk bisa mengakses atau membuka suatu sistem yang dikunci. Password juga bisa disebut dengan kunci

5. Sembunyikan data Anda
menyembunikan data juga dapat melindungi data dari pencurian ketika mereka berhasil masuk maka mereka akan susah menemukan file yang kita sembunyikan contohnya kita buat folder supper banyak untuk menipu mereka. :v walau terkesan anak-anak tapi bisa mengulur waktu.


6. Buat salinan online(upload)
klw mau simpan online harus sedia bandwitch yang besar oke...


7. Gunakan Sandi pada Hard Drive
cegah orang lain mengakses harddisk anda tanpa seizin anda, anda bisa menggunakan kata sandi terhadap harddisk anda

8. Selalu Perbarui Software dan Anti Virus
virus juga sangat berbahaya mereka juga dapat menyisipkan malware berbahaya kedalam komputer kita, atau lebih parahnya mereka memasukan backdoor kedalam komputer kita maka dari itu kita harus punya antivirus terbaru untuk menjaga keamanan data kita.

9.  Simpan Informasi Rahasia

Menjaga informasi penting yang Anda miliki menjadi keharusan jika sudah tersambung dengan Internet. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan program TrueCrypt untuk mengenkripsi data di USB secara terpisah. Selain menggunakan USB, Anda juga bisa menyimpan data penting pada laptop lama yang sudah jarang digunakan. Gunakan laptop lama dalam keadaan offline untuk keperluan editing dan membaca data agar keamanannya tetap terjaga.


10. Internet Firewall

Jadi pengamanan jaringan bisa dengan menggunakan internet Firewall. Cara kerja sistem ini akan mengidentifikasi data-data dalam suatu jaringan agar tidak dapat diakses oleh pihak lain di luar dari yang terkoneksi pada jaringan tersebut. Firewall akan mengontrol, mengatur, mengendalikan siapa-siapa saja yang dapat mengakses di jaringan itu, sehingga data-data yang terdapat di jaringan ini terlindungi aman karena tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

11. Kriptografi


Pengamanan data yang dilakukan untuk melindungi data dari gangguan pihak ketiga yang tidak dikenal. Sistem pengamanan ini mengutamakan pengolahan data menjadi bentuk yang rumit, dan hanya si pemilik yang mengetahui maksud dan tujuannya. Kriptografi dikenal juga dengan seni atau ilmu merahasiakan suatu informasi. Informasi diolah sedemikian rupa agar tidak terbaca oleh orang lain. 


12Sniffer Paket (Monitoring)


Atau disebut juga monitor jaringan. Merupakan aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data atau kegiatan dalam suatu jaringan. Dapat menangkap informasi pada jaringan, guna mengontrol segala kegiatan yang terjadi. Dengan kemampuannya seperti itu aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk pengamanan jaringan.


Terima Kasih Telah Membaca - 12 Cara mengamankan data Penting Di dalam Jaringan komputer

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Melindungi Data Di Jaringan Komputer"